JENIS MOTHERBOARD


Pengertian Motherboard

Pengertian Motherboard adalah papan utama dari komputer yang di mana semua komponen di pasang, mulai dari processor, memory, slot-slot dan ekspensi lainnya. Pada papan motherboard terdapat komponen serta chip controller yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard.
Pada komponen motherboard juga terdapat socket untuk processor, slot-slot yang di gunakan untuk pemasangan komponen kartu, seperti VGA Card, Sound Card, LAN Card, Internal Modem dan lain sebagainya. Saat ini banyak merek dan jenis motherboard. Bagi anda yang ingin merakit sendiri komputernya, saya sarankan agar berhati-hati dalam memilih merek dan jenis motherboard.
Sebuah fitur yang penting dari pengertian motherboard adalah dukungan perangkat CPU lainnya, beberapa motherboard mendukung AMD CPU, sementara yang lain mendukung prosesor Intel. Dalam kategori pabrikan, ada nilai yang berbeda dari CPU. Pengertian Motherboard AMD prosesor 64-bit memerlukan soket CPU dari sebuah prosesor 32-bit AMD. Jadi, jika pembelian suku mandiri, seseorang harus memutuskan CPU sebelum memilih motherboard untuk memastikan kompatibilitas.
Bagian-Bagian Motherboard yang terdapat di dalamnya adalah Chipset, Bios, Slot RAM, Slot Ekspansi, Baterai CMOS dan socket atau slot processor. Yang terpenting pada bagian motherboard adalah konektor, karena konektor berfungsi untuk menghubungkan motherboard dengan perangkat lain.
Pengertian Motherboard
Motherboard memiliki berbagai konfigurasi sesuai dengan kebutuhan yang berbeda. Paling mendasar, pengertian motherboard ada dengan beberapa interface untuk komponen yang diperlukan dan BIOS chipset untuk mengontrol setup dari motherboard. Salah satu jenis BIOS yang paling menentukan dan sebagian besar produsen membuat motherboard berdasarkan BIOS. Contohnya adalah banyak gamer lebih memilih Nvidia BIOS seperti yang dinilai sebagai salah satu yang terbaik untuk aplikasi grafis.
Motherboard terbaik pada tahun 2012 adalah Asus Rampage II Extreme, XFX NVIDIA GeForce 9300 Desktop Board – MI93007AS9, Intel DX58SO Motherboard, ASUS Republic of Gamers Series Rampage Formula ATX Intel Motherboard, Motherboard MSI Platinum P45D3, eVGA 141-BL-E760-A1, GigaByte GA-MA790FXT-UD5P Motherboard, Asus P5Q SE PLUS, P6NGM-L MSI Motherboard dan Asus M4N78 PRO Motherboard. 

Fungsi Motherboard

Fungsi Motherboard dalam komputer sangat penting, karena motherboard merupakan tempat untuk meletakan komponen-komponen yang berfungsi pada komputer. Di antaranya adalah mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen komputer. Motherboard juga mengatur semua jalannya proses, mulai dari penyimpanan data seperti Hardisk, CD-ROM, keyboard, mouse dan printer.
Selain itu fungsi motherboard juga untuk menghubungkan semua komponen komputer yang terpasang. Maksudnya motherboard sebagai pusat pengendali semua komponen komputer agar semua komponen komputer dapat terhubung satu dengan yang lainnya.
Perkembangan motherboard di awali pada tahun 1980-an, yang selama itu pasar processor di dominasi oleh Intel. Pada awal tahun 2000, pasar processor tidak bergantung pada Intel, karena mereka memiliki pesaing yaitu AMD yang juga mengeluarkan processor k6-2 serta Athlon yang mampu bersaing dengan processor buatan Intel.
Fungsi Motherboard
Motherboard merupakan board induk atau papan induk di mana semua perangkat komputer terpasang, mulai dari processor, memory, slot untuk ekspansi dan lain sebagainya. Fungsi motherboard tak kalah penting dari processor. Motherboard yang rusak, akan mengakibatkan tidak maksimalnya kinerja komputer. Oleh karena itu, pemilihan motherboard yang baik akan sangat mempengaruhi kinerja komputer.
Bagian-Bagian Motherboard yang paling penting adalah konektor, karena konektor berfungsi untuk menghubungkan motherboard dengan perangkat lain. Selain itu ada juga bagian-bagian motherboard yang lain, yaitu Bios, Slot RAM, Slot Ekspansi, Baterai CMOS dan socket atau slot processor. Fungsi motherboard ini juga berbeda-beda.

Motherboard terbaik saat ini adalah Motherboard Asus Rampage II Extreme, Motherboard XFX NVIDIA GeForce 9300 Desktop Board – MI93007AS9, Motherboard Intel DX58SO, Motherboard ASUS Republic of Gamers Series Rampage Formula ATX Intel dan Motherboard MSI Platinum P45D3.Jenis-Jenis Motherboard

Jenis-Jenis Motherboard yang ada saat ini bermacam-macam, ada yang jenis motherboard AT baby / AT, ATX, BTX dan ITX. Jenis motherboard ITX terbagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu Jenis-Jenis Motherboard mini-ITX dan nano-ITX. Jenis Motherboad yang anda pilih merupakan aspek yang paling penting dari dalam perancangan sebuah komputer.
Yang di maksud jenis-jenis motherboard AT yaitu format yang digunakan dalam 386 serta 486 komputer pertama. kemudian format tersebut diganti oleh format ATX, dimana formar ini membentuk sirkulasi udara yang lebih baik dari sebelumnya sehingga lebih mudah untuk mengakses komponen-komponen komputer.
Jenis dari motherboard ATX dapat di upgrade ke AT baby. Hal itu di maksudkan untuk meningkatkan kemudahan bagi anda. Jenis-Jenis Motherboard ini di rancang untuk menancapkan peripheral semudah mungkin (misalnya, IDE konektor yang terletak di samping disk). Jenis dari motherboard ini adalah Standar ATX, mikro ATX, Flex-ATX dan mini-ATX.
Jenis Motherboard BTX lebih di maksudkan untuk mendukung jenis Intel yang di rancang untuk memperbaiki pengaturan komponen, sehingga untuk mengoptimalkan sirkulasi udara, akustik, dan pengendalian panas. Konektor dalam motherboard ini di pasang secara paralel ke arah di mana udara mengalir. Kabel listrik BTX adalah sama dengan pasokan listrik ATX.
Motherboard ITX adalah format dari ( Teknologi Informasi extended ). Motherboard jenis ini di dukung oleh Via, adalah format yang sangat kompak yang dirancang untuk konfigurasi miniatur seperti mini-PC. Sedangkan jenis yang sama dengan motherboard ini adalah mini-ITX dan nano-ITX.
Jenis-Jenis Motherboard
Pengertian Motherboard adalah komponen yang sangat penting dari komputer, karena motherboard merupakan pengatur dari jalannya semua rangkaian yang terpasang mulai dari processor, memory, slot-slot dan ekspensi lainnya. Selain itu, slot yang di gunakan banyak jenis-jenis motherboard, seperti VGA Card, Sound Card, LAN Card, Internal Modem dan lain sebagainya.
Harga Motherboard berbagai jenis, ada yang murah dan ada juga yang paling mahal. Salah satunya adalah jenis MSI P45 Neo2-2FR. Karena motherboard ini di jual dengan harga pasaran Rp. 1.500.000,00. Jenis-Jenis Motherboard ini membuat adalah Intel dan juga memiliki spesifikasi DDR2, Gigabit LAN, LGA 775, 1600 MHz, Firewire, ATX, Intel P45.
Fungsi Motherboard adalah tempat untuk meletakan komponen-komponen penting. Di antaranya adalah mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen komputer. Motherboard juga mengatur semua jalannya proses, mulai dari penyimpanan data seperti Hardisk, CD-ROM, keyboard, mouse dan printer.
Motherboard terbaik pada saat ini adalah Asus Rampage II Extreme, XFX NVIDIA GeForce 9300 Desktop Board – MI93007AS9, Intel DX58SO Motherboard, ASUS Republic of Gamers Series Rampage Formula ATX Intel Motherboard, Motherboard MSI Platinum P45D3, eVGA 141-BL-E760-A1, GigaByte GA-MA790FXT-UD5P Motherboard, Asus P5Q SE PLUS, P6NGM-L MSI Motherboard dan Asus M4N78 PRO Motherboard

0 komentar: